x
Technology

Teknologi AI Tawarkan Solusi Performa Iklan Tanpa Mengorbankan Reputasi Brand

Teknologi AI Tawarkan Solusi Performa Iklan Tanpa Mengorbankan Reputasi Brand
  • PublishedMay 23, 2025

IndonesianJournal.id, Jakarta – Sejak berkembangnya teknologi AI, Artificial Intelligence, memberikan dampak luas diberbagai bidang kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis. AI tidak hanya membantu memberikan inspirasi dan  informasi, tapi juga menawarkan solusi buat hasil maksimal.

Salah satu sektor bisnis yang mengalami pergeseran teknologi secara signifikan dengan adanya AI adalah sektor periklanan. Seperti yang dijelaskan dalam siaran pers Hybrid yang diterima tim redaksi Indonesian Journal, bahwa lanskap periklanan digital yang semakin kompleks saat ini, brand-brand besar menghadapi tantangan besar untuk menjangkau audiens secara efektif sambil menghindari risiko iklan muncul di samping konten yang tidak pantas atau berbahaya.

Masih mengutip dari siaran pers Hybrid yang memuat laporan dari Integral Ad Science (IAS) dan WARC, keamanan brand (brand safety) menjadi perhatian utama dalam industri periklanan programatik:

  • 35% konsumen menyalahkan brand jika iklan mereka muncul di samping konten yang tidak aman.
  • 43% konsumen memiliki persepsi negatif terhadap brand yang iklannya muncul di dekat konten yang tidak pantas.
  • 56% konsumen tidak mungkin membeli dari brand yang iklannya ditampilkan di dekat konten berisiko.
  • 60% ahli periklanan programatik menyatakan bahwa keamanan brand adalah salah satu kekhawatiran terbesar mereka.

Statistik ini menegaskan bahwa keamanan brand bukan sekadar tren sementara, melainkan faktor krusial untuk menjaga kepercayaan konsumen dan efektivitas kampanye digital.

Machine Learning (ML), salah satu bagian dari AI, telah menjadi alat yang sangat efektif untuk meningkatkan efisiensi kampanye digital. Dengan mengoptimalkan metrik performa utama seperti CPC, CPM, CTR, CPV, CPA, dan CPI, ML memungkinkan pengiklan menjangkau audiens yang tepat dan meningkatkan konversi dengan intervensi manual yang minimal. Machine Learning bukan hanya tentang efisiensi teknologi, tapi juga berperan penting dalam melindungi brand.

Hybrid, mengoptimalisasikan penggunaan ML pada kampanye salah satu produk pasta gigi. ML digunakan untuk meningkatkan performa iklan digital tanpa mengorbankan keamanan brand. Dan terbukti, ML mampu menjadi alat yang sangat ampuh untuk meningkatkan efektivitas iklan digital tanpa mengorbankan integritas brand.

Di era digital saat ini, keamanan brand dan optimisasi berbasis machine learning bisa berjalan beriringan. Dengan mengintegrasikan teknologi ML ke dalam strategi periklanan, brand dapat mencapai ROI yang lebih tinggi, konversi yang lebih baik, dan penempatan iklan yang lebih aman.

Written By
Tim Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!