TEI Ke-40 Hadirkan Kekayaan Kuliner & Potensi Pangan Indonesia Dalam Pameran Pangan Nusa

IndonesianJournal.id, Tangerang -Menjadi bagian dari Trade Expo Indonesia yng digelar untuk ke-40 kalinya, pameran yang menampilkan beragam produk kuliner dari berbagai daerah di Indonesia digelar, Pameran Pangan Nusa, yang menempati Hall 9 ICE BSD City, Tangerang.
Pameran kuliner ini diikuti oleh 186 peserta dari beragam jenis kudapan yang membawa ciri khas masing-masing daerah pameran ini mengusung semangat memperluas pasar global.
Dengan menggunakan konsep food truck yang sehingga menarik minat pengunjung. Dengan melakukan berbagai inovasi sehingga menghadirkan kuliner Nusantara dengan tampilan modern sehingga memikat perhatian generasi muda dan wisatawan mancanegara.
Selain mencicipi aneka hidangan, pengunjung bisa mengikuti gelar wicara, business matching, hingga penandatanganan MoU perdagangan strategis. Agenda tersebut membantu pelaku usaha lokal berjejaring dengan buyer internasional, sekaligus memperkuat pasar kuliner dalam negeri.
Pangan Nusa Expo juga memberikan penghargaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pangan Award kepada pelaku usaha yang terkurasi dan memenangkan penjurian berkualitas. Penghargaan ini menjadi apresiasi terhadap UMKM kuliner yang mampu menghasilkan produk berdaya saing tinggi di tingkat global.
Di antara banyaknya produk yang terpajang di masing-masing booth, salah satu tenant menarik perhatian tim Indonesia Senang.com. Salah satu produk UMKM yang mengusung produk coklat dan teh, Arafa Tea membuat beragam inovasi teh mulai dari green tea, black tea, teh hijau jeruk dan sereh, teh hijau daun pandan, bahkan aneka ragam teh dipadu dengan buah-buahan.
Selain variasi teh, Arafa Tea juga menampilkan produk coklat yang berbeda, seperti Moringa Chocolate atau Cokelat Daun Kelor. Rasa daun kelor yang unik, dipadu dengan mint rupanya memberikan citarasa tersendiri.
“Saat ini pangsa pasar produk kami sudah ke Malaysia, Turki, Inggris, Cina dan Jepang. Untuk penjualan saat ini lebih banyak dari mancanegara.” Ungkap Evi selaku tim marketing dari Arafa Tea.
Banyaknya produk lokal yang kini sudah semakin dikenal dunia memberikan harapan positif bagi para pelaku usaha. Terrbukti, pada hari pertama penyelenggaraan Pangan Nusa Expo 2025 penjualan hingga pukul 15.00 WIB telah mencapai 800 juta rupiah. Diharapkan dengan adanya Pangan Nusa Expo selama empat hari kedepan akan memberikan peningkatan transaksi dan dampak positif bagi para peserta maupun buyer.(intan/dok humas kemendag)