Asuransi Astra Raih Penghargaan Customer Experience Terbaik di Asian Experience Awards 2025

IndonesianJournal.id, Jakarta – Asuransi Astra senantiasa menjunjung tinggi komitmen untuk menghadirkan produk dan layanan yang tidak hanya cepat dan efisien, tetapi juga memberikan rasa aman, nyaman, dan tenang dalam setiap interaksi dengan pelanggan. Garda Medika, sebagai produk asuransi kesehatan khusus untuk segmen korporasi dari Asuransi Astra, terus bertumbuh dan bertransformasi melalui optimalisasi titik-titik layanan untuk menjawab beragam pain point peserta secara tepat dan menyeluruh. Konsistensi inilah yang mengantarkan Garda Medika meraih penghargaan internasional Indonesia Customer Experience of the Year – General Insurance Award pada Asian Experience Awards 2025, atas inisiatif “Enhancing Customer Experience in Health Insurance” yang dinilai menunjukkan upaya luar biasa dalam mentransformasi pengalaman pelanggan melalui inovasi digital.
The Asian Experience Awards merupakan ajang penghargaan bergengsi yang diselenggarakan oleh Asian Business Review, sebuah media bisnis regional yang hadir secara daring maupun cetak. Penghargaan ini ditujukan untuk memberikan apresiasi kepada para perusahaan di Asia yang berhasil meluncurkan inisiatif yang inovatif dalam menciptakan pengalaman yang bermakna bagi para pemangku kepentingan, termasuk pelanggan, mitra bisnis, karyawan, maupun pihak terkait lainnya. Inisiatif tersebut mencakup berbagai aspek, mulai dari pengalaman merek, layanan, digital, produk, distribusi, hingga penjualan. Proses penilaian dilakukan secara ketat melalui pengajuan dokumen (paper submission), yang kemudian dievaluasi oleh panel juri yang terdiri dari para profesional dan praktisi berpengalaman di bidangnya masing-masing.
Garda Medika telah hadir lebih dari satu dekade dan telah dipercaya lebih dari ratusan perusahaan untuk mengelola perlindungan kesehatan ratusan ribu karyawan dengan lebih dari ribuan jaringan provider rumah sakit, klinik, apotek, dan dental yang tersebar di berbagai penjuru tanah air. Selama bertahun-tahun Garda Medika, berupaya menjawab kebutuhan peserta setia guna memberikan peace of mind melalui berbagai inisiatif yang berfokus pada peningkatan pengalaman pelanggan (Customer Experience/CX) melalui inovasi digital dan integrasi layanan. Langkah strategis ini hadir dari kebutuhan untuk memodernisasi layanan asuransi kesehatan agar lebih relevan, efisien, dan nyaman bagi seluruh peserta, klien, provider, karyawan hingga tim internal. Melalui berbagai inovasi, Garda Medika menghadirkan solusi yang adaptif terhadap dinamika industri yang terus berkembang, sekaligus mempertegas komitmennya dalam memberikan pengalaman pelanggan yang unggul dan berkelanjutan.
Untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses benefit kepesertaannya, Garda Medika meluncurkan Garda Mobile Medcare yang kini telah dilengkapi dengan fitur E-Claim, E-Consultation, Express Appointment. Kehadiran E-Claim dan E-Consultation telah mempermudah pelanggan dalam melakukan reimbursement dan konsultasi kesehatan secara daring. Dengan begitu, mulai dari proses konsultasi, pengiriman obat, hingga reimbursement dapat dilakukan secara digital; paperless dan cashless. Layanan Garda Medika semakin mengesankan dengan kehadiran Express Appointment yang mempermudah peserta dalam mendaftarkan jadwal konsultasi di rumah sakit rekanan tanpa perlu antre di meja admisi. Menyempurnakan fitur ini untuk mencapai patient experience yang optimal, Garda Medika mengembangkan Express Discharge, yang memperbolehkan peserta langsung pulang tanpa mengantre di kasir atau farmasi setelah melakukan konsultasi dokter. Di sisi lain, Garda Medika juga memiliki layanan Garda M-Klinik, klinik berjalan yang dapat menjadi solusi bagi perusahaan yang membutuhkan klinik in-house dengan jadwal yang fleksibel.
Tak hanya bagi para peserta, Garda Medika juga menghadirkan Garda Medika Akses (GMA), yang merupakan website yang ditujukan bagi rumah sakit dan klinik rekanan Garda Medika. GMA memudahkan rumah sakit rekanan Garda Medika dalam menerbitkan jaminan awal dan akhir untuk rawat inap dan rawat jalan, mendapatkan persetujuan tindakan atau obat, mengunggah dokumen invoice untuk proses penagihan, sampai dengan melacak status penagihan. Kini GMA juga dikembangkan untuk memudahkan PIC HR perusahaan peserta Garda Medika dalam mengakses informasi benefit kepesertaannya dengan nama GMA – Client Information. Dengan GMA, layanan Garda Medika dapat diakses dengan lebih mudah dan cepat.
“Terima kasih kepada seluruh klien perusahaan serta para provider yang hingga saat ini memercayakan Garda Medika dan secara aktif memberikan masukan berharga yang menjadi bahan bakar kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan. Ucapan terima kasih juga kami tujukan kepada seluruh karyawan yang senantiasa berdedikasi mengutamakan dan menjawab kebutuhan pelanggan. Tentunya, penghargaan ini bukan sekadar simbol pencapaian, melainkan pengingat bahwa keunggulan bukanlah sesuatu yang dimiliki, melainkan amanah yang harus terus dijaga dan diwujudkan melalui kepercayaan, kepedulian, dan dedikasi tanpa henti untuk mewujudkan peace of mind lebih baik lagi,” Ujar Operation Director Asuransi Astra, Hendry Yoga.