“Learn2Earn Affiliate Academy”: HoB dan TikTok Hadirkan Sertifikasi Live Streaming Pertama di Indonesia

IndonesianJournal.id, Jakarta – Hustle of Belajar (HoB) Agency, MCN resmi yang terintegrasi dengan TikTok, bekerja sama dengan TikTok Indonesia menghadirkan bootcamp bersertifikat bertajuk “Learn2Earn Affiliate Academy”. Diselenggarakan pada 23-24 Juni 2025 di Paragon 9 – Collaborative Zone, acara ini menjadi inisiatif pertama HoB dalam menyelenggarakan pelatihan live streaming bersertifikat untuk para kreator.
Mengusung semangat kolaborasi dan pengembangan kompetensi, bootcamp ini merupakan bagian dari kampanye Hustle of Belajar Vol. 1, yang didukung penuh oleh TikTok. Program ini tidak hanya menjadi ajang pelatihan, namun juga jembatan antara kreator dan brand lokal, khususnya brand-brand di bawah naungan ParagonCorp.
“Kami ingin mendorong para kreator untuk menyadari dan mengembangkan potensi terbaik mereka dalam dunia live streaming TikTok. Tidak hanya teknis, tapi juga bagaimana membangun kepercayaan diri, menggali karakter unik, dan menciptakan pengaruh lewat konten,” ujar Mitra Nofriani, Project Manager Hustle of Belajar Vol. 1 dari HoB Agency.
Acara ini menghadirkan tiga Certified TikTok Trainers dari HoB Agency:
- Kirana Rayssa Delquarizmy (Creative & Branding)
- Izzah Mujahidah Edwar (Affiliate Specialist)
- Shafira Hasna Lathifa (Ads & Performance Analyst)
Materi pelatihan terbagi dalam tiga sesi utama:
- Master the Basics: jadi host yang percaya diri
- Capture Attention: meningkatkan interaksi dan traffic
- From Insight to Impact: manfaatkan data dan patuhi platform
Setelah sesi materi dan praktik live streaming, peserta akan mengikuti paper exam dan evaluasi performa. Bagi yang lulus, mereka akan menerima sertifikat resmi dari TikTok serta berkesempatan masuk ke dalam talent pool TikTok yang dapat direkomendasikan langsung ke berbagai seller dan agency.
“Program ini adalah bentuk nyata dukungan kami terhadap ekosistem kreator lokal. TikTok melihat potensi besar dari live streaming commerce di Indonesia, dan kami percaya sertifikasi ini akan menjadi nilai tambah profesional bagi para kreator,” kata Eka Satya Dorothea Tumiwa, perwakilan MCN TikTok Indonesia.
Selama sesi praktik, peserta akan mempromosikan berbagai brand unggulan dari ParagonCorp seperti Wardah, Kahf, Emina, Make Over, Beyondly, Tavi, OMG, hingga Earth Love Life. Momen ini menjadi kesempatan strategis bagi brand untuk memperkuat positioning dan jangkauan di kanal live streaming.
“Paragon sangat membuka peluang kolaborasi melalui live streaming. Selain meningkatkan brand awareness, kami juga ingin memberikan manfaat finansial bagi para kreator melalui sistem komisi yang transparan,” jelas M. Hafizh Kurnia Utama, Lead Affiliate ParagonCorp.
Sebanyak 60 kreator telah terkurasi oleh HoB dan TikTok untuk mengikuti sesi offline. Mereka berasal dari komunitas internal seperti HoB Agency, Paragon Creator Hub (PCH), serta kreator pilihan dari TikTok. Beberapa nama kreator dengan performa unggulan seperti @ekamulyani49 (penghasilan Rp900jt-1M/bulan) dan @kahf.brotherhood (penghasilan hingga Rp1-2M/bulan) turut ambil bagian.
“Sebagai kreator, saya sangat menantikan sertifikasi ini. Bukan cuma soal keahlian teknis, tapi bagaimana kami bisa dipercaya dan punya nilai jual yang lebih tinggi di mata brand,” ujar Indarwati (@indarw__), peserta bootcamp.
Acara ini juga menjadi momentum untuk mengenalkan dua ekosistem pendukung kreator:
- PCH (Paragon Creator Hub) sebagai komunitas kreator afiliasi internal Paragon
- HoB Agency sebagai MCN TikTok resmi yang menaungi kreator progresif yang sejalan dengan nilai HoB: berdampak, terus berkembang, dan bertanggung jawab.
Melalui dua booth interaktif, peserta dapat mengetahui cara bergabung, benefit yang ditawarkan, hingga potensi penghasilan dan kolaborasi jangka panjang.