Pemanfaat Teknolgi Digital Untuk Optimalisasi UKM

IndonesianJournal.id, Jakarta – Usaha kecil dan menengah atau UKM menjadi sasaran pemeritah saat ini untuk menggiatkan ekonomi masyarakat. Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk terus mendorong masyarakat untuk membangun usaha skala kecil-menengah disegala bidang yang kemudian dibina menjadi sebuah usaha yang bisa dijadikan sumber penghasilan keluarga.
Geliat UKM ini makin terasa pada masa pandemic lalu. Lesunya bisnis di skala besar, tidak berdampak pada usaha kecil pada saat itu. Bahkan UKM tumbuh dan berkembang dan menjadi tonggak pertahanan ekonomi Indonesia.
Tumbuhnya UKM tidak terlepas dari teknologi digital yang terus berkembang berdampingan dengan pelaku UKM. Dengan memanfaatkan mudahnya pelaku usaha menggapai konsumen melalui berbagai platform ecommerce dan media sosial.
Seperti yang dilakukan salah satu pedagang mainan anak-anak yang berada di Banjarbaru, Kalimantan Selatan yang saat ini tidak lagi perlu datang ke Jakarta untuk belanja kebutuhan di tokonya.
“Sekarang tinggal minta di kirimin e katalog saja, lalu pesan lewat whattsup. Jadi tidak selalu harus ke Jakarta,” ungkap pemilik toko Andien yang tidak mau disebut namanya, pada wawancara beberapa waktu yang lalu.
Pemanfaat teknologi digital untuk mengembangkan usahanya juga dilakukan oleh salah satu cafe bernuansa scandinavian di Salatiga, Prospero Barn Coffee & Eatery. Vania, pemilik Prospero Barn mengakui pentingnya internet dalam operasional cafe.
“Hampir 80% kami pake internet. Untuk sistem reservasi sampai untuk komunikasi,” ungkap Vania.
Ketergantungan akan jaringan internet untuk menjalankan usaha dipandang sebagai sebuah peluang bagi Telkom untuk menghadirkan jaringan internet yang mendukung kemajuan UKM melalui lini Indibiz yang tidak hanya relevan, tetapi juga mudah diakses dan diaplikasikan di berbagai wilayah Indonesia.
“Indibiz yang didukung oleh infrastruktur TelkomGroup yang andal dan berkualitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Pelanggan UKM dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika sudah ada internet Telkom di tempatnya, mereka bisa memilih digital tools untuk keamanan bisnisnya misalnya. Dan kami menyediakan itu, bisa juga dengan bundling produk dengan harga yang lebih kompetitif,” ungkap Reni Yustiani, OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom, pada sesi wawancara dengan CNCB Indonesia pada Minggu 18 Mei 2025.