Perkenalkan Konsep Baru yang Super dan Fresh, Brightspot SuperMRKT 2025 Hadirkan Pengalaman Belanja Inspiratif
BySam Azhar
PublishedNovember 21, 2025
Brightspot Market, pasar kreatif terkurasi terbesar di Indonesia, kembali hadir dengan konsep baru yang “super dan fresh”. Mengusung tema Brightspot SuperMRKT, edisi tahun ini akan berlangsung di AGORA Mall selama dua akhir pekan, pada 27-30 November dan 4-7 Desember 2025.
Memasuki tahun ke-16, Brightspot telah menjadi wadah bagi ratusan merek lokal serta tempat berbelanja bagi puluhan ribu pengunjung setiap tahunnya, mulai dari kreator, pelaku industri kreatif, hingga penikmat fashion dan lifestyle. Tahun ini, Brightspot menghadirkan pengalaman yang berbeda: sebuah “supermarket” ide dan kreativitas yang menjadi melting pot bagi berbagai kalangan, tempat bagi semua orang untuk dapat menemukan sesuatu yang segar, unik, dan inspiratif. Brightspot mencoba menghidupkan kembali pengalaman yang dekat dengan keseharian banyak orang, yaitu pengalaman berbelanja di supermarket, namun dalam versi kreatif, tempat di mana orang tidak datang untuk membeli kebutuhan pokok, melainkan untuk membawa pulang kreativitas, culture, dan inspirasi.
Dengan suasana ini, Brightspot SuperMRKT 2025 dirancang sebagai ruang eksplorasi di mana pengunjung dapat “berbelanja” produk-produk lifestyle, fashion, kuliner, dan karya seni dalam satu tempat. Tahun ini, Brightspot juga menggandeng seniman lokal, Ardhira Putra, untuk menciptakan instalasi dan pengalaman visual yang authentic dan mencerminkan semangat komunitas kreatif Indonesia.
“Kami ingin menghidupkan kembali suasana supermarket, tempat semua orang datang untuk mencari hal yang mereka butuhkan, tapi juga menemukan hal-hal yang tak terduga. Di Brightspot SuperMRKT 2025, kami menghadirkan versi kreatif dari supermarket sebagai ruang di mana ide, merek, dan komunitas bertemu, berbagi, dan tumbuh bersama,” ujar Anton Wirjono, Founder Brightspot MRKT.
Anton Wirjono, Founder Brightspot MRKT
Brightspot SuperMRKT 2025 juga menghadirkan berbagai kolaborasi dengan mitra strategis yang memperkaya pengalaman pengunjung. Bersama BCA, pengunjung dapat menikmati kemudahan transaksi serta berbagai penawaran eksklusif bagi pengguna aplikasi MyBCA dan pemegang kartu kredit BCA. Brightspot SuperMRKT 2025 juga turut menggandeng Google untuk memperkenalkan AI tools yang dapat mendukung kreativitas dan produktivitas pelaku industri kreatif. Selain itu, kolaborasi The Executive bersama brand lokal menampilkan seragam pekerja edisi spesial yang merepresentasikan semangat kolaborasi dan gaya urban. iForte menyediakan koneksi internet yang cepat dan stabil selama acara, dan Colorbox turut menghadirkan koleksi fashion yang colorful, menghadirkan energi muda yang khas dan menambah warna pada pengalaman Brightspot SuperMRKT 2025. Acara ini juga bekerja sama dengan Digital Mediatama Maxima (DMMX) dalam menghadirkan solusi digital dan media yang memperkuat aktivasi brand serta pengalaman pengunjung selama acara berlangsung.
“BCA bangga bisa kembali mendukung penyelenggaraan Brightspot, sebuah platform yang secara konsisten mendukung pertumbuhan industri kreatif lokal, di mana semangat tersebut sejalan dengan salah satu komitmen jangka panjang BCA. Sebagai bagian dari Brightspot SuperMRKT 2025, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman transaksi yang tidak hanya mudah dan menyenangkan, tetapi juga memperkaya gaya hidup kreatif nasabah BCA dengan berbagai penawaran menarik yang kami hadirkan khusus dari mereka. Kami berharap seluruh pengunjung dapat merasakan manfaat langsung dari kemudahan bertransaksi dan menikmati berbagai promo eksklusif yang kami siapkan, serta semakin terinspirasi untuk terus berkreasi dan mendukung industri lokal,” tambah Fandy, SVP of Transaction Banking Business Development BCA.
“Kami di Google senang sekali dapat mendukung Brightspot SuperMRKT 2025, sebuah wadah untuk mendorong kewirausahaan dan industri kreatif. Kami percaya Artificial Intelligence (AI) dapat supercharge produktivitas dan inovasi. Adopsi AI di Indonesia sangat tinggi; laporan e-Conomy SEA mencatat 80% responden menggunakan AI tools setiap hari – tertinggi kedua di Asia Tenggara. Untuk memaksimalkan potensi ini, kami menyelenggarakan 11 sesi workshop AI, terbuka untuk 40 peserta per kelas. Setiap peserta akan memperoleh akses gratis ke Google AI Pro selama 3 bulan (senilai total Rp 927.000), untuk membekali mereka dengan tools dan keterampilan premium. Kami berkomitmen memastikan komunitas wirausaha dan industri kreatif dapat memanfaatkan teknologi AI untuk menciptakan karya inovatif dan terus mendorong pertumbuhan juga membuka peluang baru bagi ekonomi Indonesia,” ujar Feliciana Wienathan, Communications Manager, Google Indonesia.
Tak ketinggalan, MRT Jakarta dan Transjakarta turut memperkuat aksesibilitas dan mobilitas bagi pengunjung Brightspot tahun ini.
Sejak pertama kali digelar pada tahun 2009 dengan hanya 25 tenant dan 5000 pengunjung, Brightspot Market kini telah berkembang menjadi salah satu ajang terbesar dan paling berpengaruh di ranah industri kreatif Indonesia. Dalam penyelenggaraan terakhirnya, Brightspot MRKT berhasil menghadirkan lebih dari 129.000 pengunjung dan menampilkan hampir 300 tenant dalam dua akhir pekan. Brightspot telah berkembang menjadi ekosistem kreatif yang mendorong kolaborasi antara merek lokal dan komunitas kreatif untuk tumbuh bersama dalam satu wadah.
“Brightspot SuperMRKT 2025 menjadi ruang lahirnya ide dan keberanian anak muda Jakarta, dan enam tahun setelah kolaborasi pertama, MRT Jakarta bangga menjadi penghubung energi itu dengan kota. Sebagai transportasi publik yang aman, modern, dan terintegrasi, MRT Jakarta terus mengajak generasi muda memilih mobilitas yang nyaman, tepat waktu, dan berkelanjutan, sekaligus menunjukkan bahwa naik MRT adalah bagian dari merayakan kreativitas dan membangun kota yang terus tumbuh,” ujar Angga Satria Perdana, Head of Corporate Communications PT MRT Jakarta.
“Transjakarta senang bisa kembali mendukung Brightspot SuperMRKT 2025 sebagai bagian dari perayaan kreativitas di Jakarta. Kami ingin memastikan masyarakat, terutama anak muda, dapat menikmati acara seperti Brightspot dengan mudah dan nyaman melalui akses transportasi publik yang aman dan inklusif. Lewat kolaborasi ini, kami berharap semakin banyak orang memilih transportasi publik sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari yang lebih berkelanjutan,” tutup Muhammad Ridwan, Kepala Divisi Pemasaran Transjakarta.
Brightspot SuperMRKT 2025 akan menghadirkan lebih dari 220 brand terkurasi, dengan target lebih dari 100.000 pengunjung selama dua akhir pekan penyelenggaraan. Acara ini menjadi ruang perayaan bagi kreativitas Indonesia, sebuah supermarket tempat ide dan inovasi untuk hadir dalam setiap lorongnya.