x
Bisnis Technology

Manfaat Transformasi Digital Pada Pengelolahan Coffee Shop

Manfaat Transformasi Digital Pada Pengelolahan Coffee Shop
  • PublishedJune 26, 2025

IndonesianJournal.id, Jakarta – Coffee Shop saat ini lagi menjadi trend berkumpulnya orang-orang. Café tidak lagi hanya untuk makan, tapi juga tempat berinteraksi, bahkan jadi tempat melakukan aktifitas bisnis, seperti meeting dan juga melakukan pekerjaan yang bersifat administrative.

Kebutuhan itu juga menjadi bagian penting bagi pemilik coffee shop untuk adaptif dengan kebutuhan pelanggan. Apalagi untuk pemilik Coffee Shop dengan jaringan tokonya yang cukup luas. Mereka harus senantiasa mengadopsi teknologi digital dalam operasional untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan.

Beberapa contoh solusi digital yang digunakan oleh beberapa pemilik Coffee Shop yang bisa kamu tiru jika ingin bikin hal serupa adalah:

  • Sistem Pemesanan Online: mengembangkan sistem pemesanan online yang memungkinkan pelanggan untuk memesan kopi dan makanan secara online sebelum datang ke kafe. Ini membantu mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Pembayaran Digital: mengadopsi pembayaran digital, seperti pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit, serta aplikasi pembayaran mobile. Ini membantu meningkatkan efisiensi transaksi dan mengurangi risiko kesalahan.

Manfaat adopsi solusi digital dari Indibiz Ruko dengan beragam benefit, diantaranya:

  • Mampu mengelola transaksi penjualan, stok barang, dan laporan keuangan secara efisien dan akurat.
  • Mendukung produktivitas, perluasan pasar, dan layanan pelanggan prima dengan layanan internet cepat dan stabil untuk operasional bisnis.
  • Membantu marketing produk ke pelanggan secara komprehensif dan dapat dikostumisasi penyebaran informasi dan komunikasi ke pelanggan.
  • Dashboard terintegrasi memudahkan menjangkau ribuan pelanggan, memantau kampanye, dan mengelola komunikasi dari berbagai media sosial.

“Kami melihat bahwa edukasi adalah kunci utama dari transformasi digital UKM. Indibiz hadir bukan hanya menawarkan produk, tapi juga mendampingi mereka melalui ruang belajar yang kami desain untuk bisa langsung merasakan manfaatnya. Kami ingin pelaku usaha merasa solusi digital itu dekat, nyata, dan bisa langsung digunakan,” ujar OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom, Reni Yustiani.

Semua ini menunjukkan bahwa adopsi solusi digital dapat membantu meningkatkan usaha pertokoan lebih efisiensi, operasional bisnis jadi lebih mudah dan mampu meningkat kepuasan pelanggan. Dengan mengadopsi teknologi digital, diharapkan bisa meningkatkan penjualan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan membedakan diri dari pesaing.

Selain usaha pertokoan, bagi pebisnis yang bergerak di sektor perbengkelan, hingga small office home office (SOHO), juga dapat memanfaatkan solusi digital dari Indibiz Ruko dari Telkom Indonesia.

Written By
Tim Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!