IndonesiaJournal.id, Warsawa – KBRI Warsawa lakukan langkah proaktif menggelar paviliun di ajang International Travel and Tourism Fair (ITTF) di Warsawa, Polandia (20-22 November). Dengan bekerjasama Direktorat Eropa 1 Kementerian Luar Negeri, partisipasi ini menjadi puncak rangkaian promosi pariwisata dan budaya sepanjang tahun 2025.
Secara statistik, hingga Oktober 2025 kemarin angka kunjungan warga Polandia ke Indonesia melampaui angka 51.000 wisatawan. Tren jumlah kunjungan ini diproyeksi meningkat hingga akhir tahun. Oleh karenanya, langkah proaktif gencar dilakukan KBRI Warsawa sepanjang tahun ini.
“Polandia menempati posisi Top 9 negara asal wisatawan Eropa yang mengunjungi Indonesia,” terang Fatima dari KBRI Warsawa saat diwawancara melalui pesan WhatsApp oleh tim redaksi Indonesian Journal beberapa hari yang lalu.
Polandia dipandang sebagai gerbang strategis atau hub potensial bagi Indonesia. Pasar di Eropa Tengah, Eropa Timur, hingga Baltik dinilai masih memiliki ruang penetrasi yang jauh lebih besar dan bertumbuh. Potensi ini lebih menjanjikan dibanding dengan pasar Eropa Barat yang cenderung berada pada fase jenuh.
Dalam pameran ITTF 2025 yang diikuti oleh 30 negara, paviliun Indonesia menghadirkan lima pelaku industri pariwisata terkemuka. Diantaranya terdapat perwakilan dari Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia Regional Bali (ASITA). Ada juga Bali Suci Tours, Flores Exotic Tours, KBA DMC, dan Tunas Indo Bali. Operator ini bertujuan menjalin kontak bisnis langsung dan menawarkan paket-paket wisata ke destinasi unggulan Indonesia.
Sebelumnya, telah digelar Business Matching Pariwisata Polandia-Indonesia pada Maret, peresmian kompleks Bali Indah Cultural Park di Dolina Charlotty pada Juni, hingga promosi masif melalui tayangan video Wonderful Indonesia di jaringan tram Warsawa.
Untuk menarik perhatian pengunjung dan memeriahkan suasana pameran, paviliun Indonesia juga menampilkan pertunjukan tari tradisional serta mini parade budaya. Melalui upaya terpadu, KBRI Warsawa optimistis dapat mempertahankan dan meningkatkan tren pertumbuhan wisatawan Polandia, sekaligus memperkuat citra Indonesia di mata wisatawan Eropa Tengah. (Kr)